Laporan Analisa Film Hacker (2016)

LAPORAN ANALISA FILM HACKER (2016)
Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas ujian mid semester
 Mata kuliah Dasar-Dasar Organisasi dan Informasi
Disusun oleh: Mayaliana
Nim : 0601182113
Kelas: JIP-2

PRODI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
2018/2019

1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Film berjudul Hacker yang dirilis pada tahun 2016 diperankan oleh Callan McAuliffe sebagai Alex Danyliuk (tokoh utama). Alex merupakan seorang imigran yang berasal dari Ukraina mereka pindah ke Ontario, London karena kondisi ekonomi yang kurang mampu. Sejak kecil Alex jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kecuali dengan komputer dan ibunya menyebabkan ia bisa dengan mudah mengakses segala macam informasi, Internet, video game, forum, chatting dengan random orang asing, segala macam situs  akses mudah informasi dan kemungkinan tak terbatas. Dia bisa membangun lalu lintas ke situs dengan mengubah alamat IP. Sampai akhirnya dia bergabung dengan sebuah situs bernama Darkweb, sebuah organisasi kriminal online yang dipimpin oleh seorang hacker bernama Zed. Sampai dia bertemu dengan seseorang bernama Sye, adalah seorang dealer pasar gelap yang bekerjasama Alex untuk mendapatkan uang. Mereka bertemu dengan Kira seorang wanita yang juga tergabung dalam situs Darkweb. Mereka bertiga memulai aksinya mengacaukan pasar keuangan dunia dengan cara melakukan penipuan kartu kredit 
Alasan pemiilihan film ini dikarenakan dalam film ini menceritakan tentang pencurian informasi oleh hacker handal bernama Alex. Internet itu penuh dengan informasi mengenai ide-ide dan pendapat tentang sistem perbankan. Sesuai dengan tema tugas mid semester yaitu berceritakan tentang informasi, mengandung unsur informasi dalam jalan ceritanya. 
2. INFORMASI FILM

A. Tentang Film
Judul Film : Hacker
Dirilis Pada : 13 Desember 2016
Negara : Amerika
Bahasa : Inggris
Genre : Crime, thriller, drama
Durasi : 1 jam 45 menit
Direktur : Akan Satayev 
Produksi : Know Rules Media

B. Tokoh
1. Callan Mc Auliffe sebagai Alex adalah tokoh utama dari film Hacker (2016). Ia merupakan anak tunggal dari pasangan tuan dan nyonya Danyliuk. Mereka adalah imigran yang berasal dari Ukraina. Ibunya bekerja asisten pemegang buku di sebuah bank.
2. Daniel Eric Gold sebagai Sye adalah sahabat Alex. Sye merupakan dealer padar gelap. Alex dan Sye bekerjasama mendapatkan uang dengan cara membobol kartu kredit dan menjual barang-barang berharga secara illegal
3. Lobraine Nicholson sebagai Kira whittal adalah seorang wanita yang Alex kenal melalui situs Darkweb tersebut. 
4. Cliffton Collins Jr. sebagai Zed yaitu ketua dari organisasi kriminal online yg bernama Darkweb. Ia dianggap sebagai penjahat internasional. Dia terlibat dalam kasus cyber chrime di seluruh dunia.

C. Lokasi Shooting
1. London Ontario, Kanada
Alex dan keluarga nya pindah dari Ukraina ke London, Ontario karena kondisi ekonomi yang kurang mampu.
2. Hongkong
Menyadari Aksinya sudah tidak aman dan keberadaan mereka sudah tercium oleh polisi di Ontario. Alex, Sye dan Kira memutuskan untuk pergi ke Hongkong. Mereka tinggal di sebuah apartemen mewah.
3. Bangkok, Thailand
Polisi mengetahui kejahatan pembunuhan ketua mafia bank yang dilakukan oleh mereka, mereka pun ditangkap dan terpisah. Mereka berjanji akan bertemu di Bangkok.

D. Alur Film
Film Hacker (2016) menggunakan alur maju (Progresif)  yaitu dengan pola berikut ini Tahapan pengenalan- Tahapan kemunculan konflik- Tahapan konflik memuncak- Tahapan konflik menurun- Tahapan penyelesaian.

E. Sinopsis
Film berjudul Hacker yang dirilis pada tahun 2016 diperankan oleh Callan McAuliffe sebagai Alex Danyliuk (tokoh utama). Alex merupakan seorang imigran yang berasal dari Ukraina mereka pindah ke Ontario, London karena kondisi ekonomi yang kurang mampu. Sejak kecil Alex jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kecuali dengan komputer dan ibunya menyebabkan ia mahir menggunakan computer. Ia dapat dengan mudah mengakses segala macam informasi, Internet, video game, forum, chatting random dengan orang asing, mengakses segala macam informasi tak terbatas. Dia bisa membangun lalu lintas ke situs dengan mengubah alamat IP. Sampai akhirnya dia bergabung dengan sebuah situs bernama Darkweb, sebuah organisasi kriminal online yang dipimpin oleh seorang hacker bernama Zed. Alex dapat menghasilkan uang dari hasil pekerjaannya tersebut. Dia mengumpulkan uang untuk biaya kuliah nya namun suatu hari orang tua nya terjerat oleh hutang pada Bank dan terancam akan disita rumah oleh pihak bank. Akhirnya alex membayar hutang-hutang ibunya dengan menggunakan uang yang telah dikumpulkan untuk biaya kuliahnya.
 Alex semakin ahli berbisnis di pasar gelap internet ia memutuskan untuk masuk kedunia hacker. Ia semakin ahli dalam bidang carding. Ketika lulus sekolah, ia memutuskan untuk berangkat ke kota yang lebih besar yaitu kota Toronto, untuk mendapatkan peluang yang lebih besar.  ketika Sampai dia bertemu dengan seseorang bernama Sye, adalah seorang dealer pasar gelap kemudian mereka bekerjasama untuk mendapatkan uang dengan menggunakan kartu kredit orang lain lalu menjualnya secara illegal. Mereka bertemu dengan Kira Whittal seorang wanita yang juga tergabung dalam situs Darkweb. Mereka bertiga memulai aksinya mengacaukan pasar keuangan dunia dengan cara melakukan penipuan kartu kredit, mereka dapat mengumpulkan uang yang banyak dengan cara yang mudah.  Mereka  juga mencoba melakukan hal –hal besar agar mereka dapat dipandang dan bertemu dengan Zed ketua situs Darkweb tersebut. Alex juga melakukan aksi pembobolan pada bank tempat ibunya dulu bekerja untuk membalaskan dendam karena telah memecat ibunya, namun aksi yang dilakukan Alex gagal. Menyadari Aksinya sudah tidak aman dan keberadaan mereka sudah tercium oleh polisi di Ontario. Alex, Sye dan Kira memutuskan untuk pergi ke Hongkong. Mereka tinggal di sebuah apartemen mewah.
Suatu ketika Sye melakukan kesalahan dia karena telah menggunakan kartu kredit yang sudah pernah dipakai. Itu adalah sebuah kesalahan yang akan membuat keberadaan mereka akan segera diketahui keberadaan nya oleh polisi. Kecerobohan yang dilakukan Sye membuat Alex marah dan mengusir Sye dari apartemen mereka. Setelah beberapa waktu Sye meminta maaf kepada Alex dan kembali ke Apartemen mereka namun Sye di tembak oleh orang-orang misterius. Sampai akhirnya mereka berhasil bertemu dengan Zed. Mereka bekerjasama dengan Zed untuk membunuh ketua mafia bank, aksi mereka diketahui oleh polisi setelah mereka menjalankan aksinya tiba-tiba polisi datang dan menangkap mereka membuat Alex dan Kira terpisah. Mereka sempat berjanji akan bertemu di sebuah tempat yang tidak akan diketahui oleh siapapun yaitu di Bangkok.
 Setelah terbebas Alex memutuskan pergi ke Bangkok untuk menemui Kira namun ia tidak menemui nya disana, dia mendengar kabar bahwa Kira sudah meninggal dunia. Dan lebih parahnya lagi dia harus ditangkap karena menggunakan kartu kredit palsu dan dia dipenjara selama dua tahun di Bangkok. Setelah bebas dari penjara ia bertemu dengan Kira yang sebenarnya masih hidup. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk tidak melakukan kejahatan itu lagi dan memulai dengan kehidupan yang jujur.

F. Amanat
Pelajaran yang bisa kita petik dari film ini adalah pertama, uang bukanlah segalanya, dalam film ini Alex mampu mendapatkan banyak uang dari hasil kerjanya membobol kartu kredit dan ATM, namun semua itu tidak ada gunanya jika dia hidup sendiri di dunia  tanpa orang tua atau teman . pesan yang kedua adalah bahwa tidak ada yang aman di dunia ini, mulai dari akun sosial media, kartu kredit, hingga sistem keamanan di sebuah perusahaan. Kita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas di internet, baik dalam menyebarkan informasi, menyimpan informasi maupun menerima informasi. 



3. ANALISA PENERAPAN FILM DALAM DUNIA PERPUSTAKAAN
SEBAGAI LEMBAGA PENGELOLA INFORMASI

Dalam film Hacker (2016) mengandung unsur informasi dalam jalan ceritanya yaitu pencurian informasi kartu kredit milik orang lain yang dilakukan oleh Alex dan kawan-kawan. Sumber utama Alex mendapatkan informasi tersebut adalah internet. Mereka mempunyai sebuah situs yang disebut dengan Darkweb. Darkweb adalah sebuah sistem yang mengatur semua kegiatan hacker dan menghubungkan semua hacker dalam satu situs tersebut Dari situs inilah para  hacker berkumpul untuk chattingan, bertukar nomor kredit dan bertukar informasi penting yang hanya dimiliki oleh para hacker. 
Dalam dunia perpustakaan, perpustakaan digital atau perpustakaan hybrid menggunakan sistem pengelolahan bahan pustaka yang diatur oleh sebuah situs web. Misalnya pada Perpustakaan UINSU Medan menggunakan website digilib.uinsu.ac.id. Pada situs ini terdapat sejumlah link berbagai metadata dan sumber daya belajar yang disediakan oleh perpustakaan UINSU termasuk katalog perpustakaan atau Online Public Acces Catalog (OPAC), Jurnal elektronik (e-journal), repository institusional (UINSU Repository). Nah, pada website tersebut merupakan pusat segala kegiatan berbasis online seluruh pengelolah perpustakaan maupun user atau pengguna perpustakaan.
Jadi, sebuah situs atau website merupakan pusat dari segala kegiatan pengelolahan informasi dalam sebuah organisasi. Dengan menggunakan sistem yang berbasis online mempermudah seluruh pengguna dalam menghubungkan antara user dengan bahan pustaka, sehingga kita dapat menemukan dan mengelola informasi dengan mudah cepat. Namun, dalam penggunaan situs berbasis online kita juga harus berhati-hati terhadap kejahatan cyber chrime yang memungkinkan bisa membobol keamanan dan mencuri informasi penting milik kita.

4. PENUTUP

A. Kesimpulan
Pengelolahan sebuah informasi pada sebuah organisasi maupun perpustakaan yang berbasis website pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihannya adalah memudahkan kita semua  dalam mengakses informasi. Sedangkan kekurangannya adalah rentannya terhadap pembobolan sistem yang dilakukan oleh para hacker karena setiap situs pasti memiliki celah pada setiap sistem keamanannya.

B. Saran
Dari film, ini kita tahu bahwa tidak ada yang aman di dunia ini. Mulai dari akun media sosial, kartu kredit hingga sistem di sebuah lembaga atau perusahaan. Pasti ada celah di setiap sistem keamanan tersebut. Dari kesimpulan diatas penulis menyarankan kita semua untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas berbasis internet. Misalnya dalam menerima informasi dari internet atau kita harus lebih teliti dalam menerima kebenaran suatu informasi dan kita harus lebih hati-hati dalam penggunanaan media sosial jangan menggunakan media sosial untuk menyebarkan aib orang lain maupun menyebarkan  berita bohong. Gunakan lah media sosial dengan bijaksana.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah tentang Siklus Transfer Informasi

Makalah tentang Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good and Clean Governance)